Informasi Sertifikasi Tenaga Kerja Kontruksi Di Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang Selatan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Peserta Sertifikasi dan penguji sertifikasi dari LPJK Prov.Banten

SETU, HUMAS DPU TANGSEL – Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu prioritas pembangunan nasional pada masa Kabinet Kerja. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan percepatan pembangunan yang lebih merata dan berkeadilan, serta meminimalisasi ketimpangan antarwilayah dan antarkelompok sosial. Dengan kondisi ini tentunya dibutuhkan tenaga kerja konstruksi yang andal, berkualitas dalam jumlah yang besar. Upaya sertifikasi merupakan jawaban untuk menciptakan tenaga kerja konstruksi yang andal dan berkualitas di Indonesia, terutama di Kota Tangerang Selatan. Bertempat di Hotel Grand Zury BSD, DPU Tangsel mengadakan Sertifikasi bagi pegawainya, selama dua hari dimulai pada Kamis (4/7), acara dibuka langsung oleh Kabid Bina Teknik dan Jasa Kontruksi, Salfinawati, ST.MT, M. Ak. Hal ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi pasal 70 ayat (1) yang berbunyi: “Setiap tenaga kerja konstruksi di bidang jasa konstruksi wajib memiliki Sertifikat Kompetensi Kerja”.

Amanat Undang-Undang Jasa Konstruksi Nomor 2 Tahun 2017 Pasal 70 mengatur setiap pekerja konstruksi yang bekerja di sektor konstruksi wajib memiliki sertifikat kompetensi kerja. Sertifikasi juga diperlukan untuk mengurangi risiko kecelakaan kerja konstruksi yang diakibatkan oleh kurang terampilnya SDM yang bekerja.

Jika penyedia jasa dan/atau pengguna jasa mempekerjakan tenaga kerja tidak bersertifikat maka nantinya bisa dikenakan sanksi yaitu sanksi administratif berupa deanda dan/atau penghentian sementara oleh kegiatan layanan jasa konstruksi sesuai Pasal 70 ayat 2.

Bina Jasa Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang Selatan menggelar pelatihan dan sertifikasi pekerja konstruksi tingkat terampil. Acara ini bertujuan sebagai ajang peningkatan kemampuan profesional para tenaga ahli di bidang jasa konstruksi di Indonesia terutama di Kota Tangerang Selatan, serta promosi dan informasi kemajuan teknologi konstruksi kepada masyarakat, termasuk perkembangan pembangunan infrastruktur di Kota Tangerang Selatan.

Melalu web ini nantinya akan diinfokan adanya kegiatan percepatan sertifikasi tenaga kerja konstruksi dan bimbingan teknis keahlian konstruksi yang diadakan berdasarkan surat dari Direktorat Jendral Bina Konstruksi Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta. Mengenai ketentuan pelaksanaan, pembiayaan dan persyaratan peserta akan terlampir seperti lampiran berikut. (kfz-al).

Share.

2 Comments

  1. Hari Barkah on

    Terima kasih admin untuk informasinya sangat bermanfaat dan semoga kedepan memiliki tenaga konstruksi yg handal dan berkualitas serta bersertifikasi.

Leave A Reply

nineteen + 20 =