Underpass Jurang Mangu Bakal Atasi Macet Kawasan Tegal Rotan

May 09 03:00 2016
Thursday, 31 January 2013 18:56
PONDOK AREN – Penguraian kemacetan di kasawan Tegal Rotan, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) semakin menjadi kenyataan. Salah satu titik kemacetan di kota pemekaran dari Kabupaten Tangerang ini bakal dibangun underpass.

Progress pembangunannya, ditandai dengan peresmian Ground Breaking Underpass kawasang Jurang Mangu oleh Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany didampingi Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangsel Hj Retno Prawati ST.MM, Rabu (30/1).

 

Pembangunan underpass ini nantinya akan bekerjasama dengan PT Jaya Real Property Tbk, PT Kereta Api Indonesia (KAI), dan PT Bumi Serpong Damai (BSD) Tol. Nantinya, masing-masing pihak bakal memiliki peran dalam pembangunan underpass tersebut.

Pemerintah Kota Tangsel memiliki sejumlah peran, di antaranya pelebaran Jalan Tegal Rotan-Stasiun Jurang Mangu-Jalan Cendrawasih. Nantinya ruas jalan itu akan dibangun empat lajur dengan dua jalur plus median jalan. Pembangunan fisiknya bakal dilakukan tahun ini.

Pelebaran jembatan Jalan Tegal Rotan Crossing rel kereta api pembangunan fisiknya bakal dilakukan tahun ini juga. Selain itu, pelebaran jalan Tegal Rotan-Sawah Baru juga bakal dilakukan, dengan lebar yang sama dengan jalan di atas.

Pelebaran Jalan Cendrawasih juga bakal dilakukan. Pelaksanaan kegiatannya, bakal berbarengan dengan beberapa kegiatan di atas. Selain itu, Pemkot Tangsel juga bakal melengkapi jalan itu dengan Saran dan Prasarana Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Simpang Jalan Tegal Rotan-Sutan Syahir. Target penyelesaiannya tahun 2013.

Sedangkan pada 2014, Pemkot Tangsel akan melakukan dua kegiatan di lokasi tersebut. Yakni Pembangunan Jalan Akses dari Jalan Cendrawasi –Stasiun KA dan pelebaran radius tikungan Jalan Akses Masuk dari Jalan Cendrawasih ke Stasiun Jurang Mangu.

Dalam rencana kegiatan tersebut, PT KAI nantinya bakal melakukan pembangunan Stasiun Jurang Mangu. Sementara PT JRP, nantinya bakal melakukan berbagai pekerjaan. Salah satunya pembangunan Underpass.

Untuk PT BSD Tol, perseroan bakal melakukan dua pelebaran jalan. Yakni pelebaran jalan Tegal Rotan Crossing Jalan Tol dan Pelebaran Crossing Jalan Tol akses Jalan Tegal Rotan-Sawah Baru. Selain itu, pemasangan traffic light juga bakal dilakukan oleh PT BSD Tol di Simpang Jalan Tegal Rotan-Entrance/exit tol BSD.

Kepala DBMSDA Kota Tangsel Retno Prawati mengatakan pembangunan underpass ini untuk mengurai kemacetan di ruas jalan Tegal Rotan-Ciputat. Under pass ini nantinya bakal dibangun sepanjang 24 meter dengan lebar 16 meter. Underpass ini dapat dilalui empat lajur kendaraan roda empat.

“Pembangunan Underpas ditargetkan bakal beroperasi pada awal tahun 2014,” katanya menjelaskan.

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengatakan Stasiun Jurang Mangu akan dijadikan pilot project dalam penataan stasiun modern. Di stasiun tersebut akan dibangun ruang publik yang memiliki tempat belanja atau shopping mall, ruang meeting, cafe dan ruang tunggu yang nyaman.

“Selama ini, stasiun yang ada masih kurang nyaman untuk masyarakat. Untuk itu, dengan dibangunnya kawasan Jurang Mangu sebagai stasiun yang modern, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan moda transportasi umum,” ungkap Airin.

Menurutnya saat ini dengan kondisi jalan yang sempit, warga lebih banyak memanfaatkan kendaraan roda dua dan roda empat sebagai alat transportasi untuk berangkat bekerja maupun aktivitas lain. Dampaknya, kemacetan terjadi di mana-mana. ***

  Categories:
view more articles

About Article Author

write a comment

0 Comments

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Add a Comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.
All fields are required.