Rangkaian Peringatan HUT RI Ke-71 DBMSDA Gelar Lomba Bersih-Bersih Saluran

Rangkaian Peringatan HUT RI Ke-71  DBMSDA Gelar Lomba Bersih-Bersih Saluran
August 16 07:35 2016

Kepala DBMSDA Meninjau Lokasi Bersih-bersih Saluran Se-Kota Tangerang Selatan2Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) menggelar lomba bersih-bersih saluran tingkat kecamatan se-Kota Tangsel,dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71.

Kepala Dinas Bina Marga dan SDA Kota Tangerang Selatan, Retno Prawati yang meninjau jalannya lomba besih-bersih saluran tingkat tangsel mengatakan, lomba bersih-bersih saluran ini berlangsung sejak Rabu lalu. Pesertanya yakni salah satu kelurahan yang ditunjuk kecamatan untuk mewakili lomba.

“semuanya ada tujuh kelurahan yang mewakili Kecamatan yang ada di Tangsel,”  kata Retno yang datang bersama rombongan tim penilai lomba di kelurahan Muncul, Kecamatan Setu.

Selain memperingati HUT RI Ke-71, diakuinya lomba tersebut merupakan tindak lanjut program, Walikota Tangsel, yakni Gerakan Bersih Saluran. Terlebih, diakuinya kebersihan saluran memiliki fungsi penting untuk pengendalian banjir.

Retno menambahkan, lomba bersih-bersih saluran ini digelar sebagai upaya Dinas Bina Marga dan SDA untuk mengedukasi masyarakat, agar sadar pentingnya menjaga fungsi saluran air dengan baik, mengurangi resiko banjir dan membangun nilai kebersamaan atau gotong-royong.

“Maka itu, lomba tak hanya melibatkan unsur Kecamatan saja. Kelurahan, Koramil dan warga pun terlibat dalam lomba ini,” tandasnya.

Sedangkan tim penilai lomba, lanjut Retno, pihaknya melibatkan unsur dari Forum Kelurahan dan Kecamatan Sehat (FKKS), Forum Kota Sehat (FKS) Kota Tangerang Selatan dan sejumlah pegawai dijajaran Dinas Bina Marga dan SDA Kota Tangerang Selatan.

“Mereka kan (FKS) independen dalam melakukan penilaian, selebihnya dari dinas kita (DBMSDA),” tandasnya.

Lantas, bagi kelurahan yang memperoleh juara, diberikan penghargaan pada pelaksanaan HUT RI ke-71 di Lapangan Cilenggang. Mereka mendapatkan piala Bergilir Ibu Walikota Tangerang Selatan, yang kemarin diraih oleh kecamatan Setu.

Pantauan di Kecamatan Serpong. Ratusan warga masyarakat tumplek di bantaran kali Cibarengkok Jln. Usin Sidin Rt. 02,03 Rw. 06 Kelurahan Buaran, Kecamatan Serpong masyarakat yang didominasi kaum Laki-laki, kompak membawa cangkul, arit dan pengki, sementara kaum wanitanya, membawa sapu sambil sesekali memungut sampah kemudian memasukannya kedalam karung.

Camat Serpong, Mursinah menerangkan kerja bakti massal tersebut merupakan rangkaian kegiatan lomba bersih saluran yang diadakan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangsel untuk menyabut peringatan HUT RI ke-71. Untuk Itu, pihaknya pun mengajak masyarakat untuk terlibat lansung dalam lomba kebersihan tersebut.

“Biar masyarakat lain diluar kelurahan Buaran ini ikut juga merasa memiliki dan bertanggung jawab atas kebersihan bantaran kali yang ada disini,” katanya.

Koordinator tim penilai lomba, R Koeswara mejelaskan bahwa ada beberapa kriteria yang dijadikan acuan dalam lomba kebersihan saluran. Antara lain partisipasi masyarakat, panjang lokasi yang dibersihkan, volume yang dikerjakan dan kelancaran aliran air yang ada di saluran.

“Lebih bagus lagi bila di bantaran kali atau pinggirannya ditanami pohon, ini jg sangat penting untuk penilaian,” ungkapnya. (datin_dbmsda)

  Categories:
view more articles

About Article Author

write a comment

0 Comments

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Add a Comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.
All fields are required.