Pertegas Status Jalan, Perwal Bakal Diterbitkan

Pertegas Status Jalan, Perwal Bakal Diterbitkan
May 30 12:53 2016

KonsinyeringSETU – Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangerang Selatan pada tahun ini menargetkan diterbitkannya Peraturan Walikota (Perwal) tentang Status Jalan Lingkungan. Tujuan Perwal tersebut pembangunan infrastruktur bisa merata serta menghindari tumpang tindih perbaikan ruas jalan.

Untuk itu DBMSDA menggelar kegiatan Konsinyering Data Jalan Lingkungan yang digelar di salah satu hotel di Kota Tangeran Selatan.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangerang Selatan Hj. Retno Prawati mengatakan, kegiatan ini digelar untuk memvalidkan data di lapangan. Status Jalan Lingkungan, juga mencatat panjang dan lebar jalan “Karena ini membutuhkan waktu dan proses, maka kami mengawalinya dengan turun ke lapangan lakukan koordinasi dengan lurah dan camat. Mendata mulai dari nama jalan sampai status jalan,”.

Menurut Kepala DBMSDA, tidak mudah untuk mendata jalan lingkungan. Sebab, jalan lingkungan itu masih banyak yang menjadi asset belum diserahkan pengembang,tentunya ini menjadi ganjalan. Meski demikian, pihaknya berupaya secepatnya agar 2017 perwal sudah siap dibelakukan.”Targetnya secepatnya selesai, mudah-mudahan tahun depan sudah diterapkan” terangnya.

Dengan adanya Perwa, akan terdata secara akurat berapa jalan lingkungan yang ada di Tangsel, termasuk yang sudah dibenahi atau belum.”Guna mempertegas batasan dan status jalan. Selain itu jangan sampai ada tumpang tindih pekerjaan dengan instansi lain,” kata Hj Retno Prawati. Dan pengerjaan jalan lingkungan akan ditangani oleh Unit Pelaksana Tugas (UPT). Sedangkan, pada tataran dinas akan menangani status jalan kota. Bagi masyarakat yang mempunyai keluhan jalan lingkungan, drainase, serta jalan kota dapat menyampaikan langsung melalui layanan pengaduan melalui surat elektronik, SMS getway maupun Media Sosial yang disediakan DBMSDA.”Nanti aka nada pembagian tugas supaya fokus, pertama jalan lingkungan akan ditangani UPT. Sedangkan, jalan kota difokuskan di dinas,”jelasnya.

Sementara Kepala Bidang Bina Marga pada DBMSDA Kota Tangerang Selatan Aries Kurniawan mengaku, selama ini pihaknya selalu kesulitan saat hendak memperbaiki kondisi jalan, dikarenakan status jalan yang belum jelas.

“Di Kota Tangerang Selatan status jalan da yang milik Kota, Provinsi, Nasional dan Pengembang. Persoalanya jika ada warga mengusulkan perbaikan, tapi ketika kita cek asetnya belum diserahkan ke Tangsel secara otomatis jalan belum dapat kita kerjakan. Maka dengan Perwal lebih mempertegas dan mempermudah tugas kami,” pungkasnya. (humasdbmsda)

  Categories:
view more articles

About Article Author

write a comment

0 Comments

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Add a Comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.
All fields are required.