Kunjungan Anggota DPRD Kabupaten Tangerang

Kunjungan Anggota DPRD Kabupaten Tangerang
September 02 09:24 2016

Belajar Proses Pelebaran Jalan di Tangsel

IMG_4456Setu-Rombogan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanggerang melakukan kunjungan ke Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA), kamis (1/9). Mereka berkunjung untuk belajar mengenai kesuksesan pemkot Tangsel dalam melakukan pelebaran dan peningkatan jalan Raya Ciater, Serpong.

Rombongan dari Komisi IV DPRD Kabupaten Tangerang ini dipimpin Wakil Ketua Komisi, P Harno. Mereka disambut Kabid Bina Marga Aris Kurniawan, Kabid Sumber Daya Air Ade Suprijal dan pegawai DBMSDA Kota Tangsel lainnya.

Ketua DPRD Kabupaten Tangerang, Mad Romli mengatakan proses pelebaran jalan pasar kemis yang dilakukan Pemkab Tangerang terkendala lahan. Kata dia, harga pasaran lahan di lokasi pelebaran jalan mendadak berubah, seiring rencana pembebasan lahan yang dilakukan Pemkeb Tangernag.

IMG_4414“Untuk pembebasan lahan kita sudah anggarkan di APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) 2015, untuk dibayarkan pada tahun 2016. Tapi kenyataan di lapangan, harga lahan langsung berubah naik pada 2016. Tentu saja ini menjadi kendala karena anggaran yang dialokasikan pada 2015 itu kurang,” tandasnya.

Lanjutnya, rencana pelebaran jalan pasar kemis harus segera dilakukan. Ini mengingat ruas jalan yang saat ini hanya lebar 7 meter sudah tak mampu lagi menampung volume kendaraan yang melintas.

“Rencananya ruas jalan itu menjadi 12 meter lebarnya. Kalau warga tetap bertahan dengan harga lahannya, maka akan kita lakukan konsinyasi, seperti di kota Tangsel,” tandasnya.

P Harno mengatakan, saat ini Pemkab Tangerang sedang melakukan pelebaran jalan di kecamatan cikupa. Kata dia, proses pelebaran jalan raya pasar kemis tersebut masih terkendala, lantaran proses pembebasan lahan yang lambat.

“Kedatangan kami ke kota Tangsel untuk mencari tahu system atau proses pembangunan jalan di Kota Tangsel, salah satu nya jalan ciater. Kita sering melintas di jalan itu, ternyata kewenangan jalan itu berada di bawak Pemkot Tangsel,” katanya menjelaskan.

Sementara itu, Kabid Bina Marga DBMSDA Tangsel, Aris Kurniawan mengatakan pelebaran jalan Ciater Raya menjadi kewenangan Pemkot Tangsel. Pembangunan dari exsisting lebar jalan 5,5 M menjadi ROW 24 M sudah ilaksanakan. “ Saat ini, jembatan Ciater dan jembatan Sarua sudah selesai dilaksanakan tinggal pedestrian,” katanya.

“Jalan Ciater memang menjadi pilot project jalan kota di kota Tangsel. Untuk proses pembebasan lahan, dilakukan oleh bagian pertanahan Pemkot Tangsel dan saat ini sudah rampung keseluruhan,” tandasnya.(Datin_DBMSDA)

  Categories:
view more articles

About Article Author

write a comment

0 Comments

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Add a Comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.
All fields are required.