Kepwal Tentang Status Jalan Mendesak

May 08 12:27 2016
Kamis, 2 Agustus 2012

PAMULANG, TAPOS. Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangerang Selatan mengusulkan agar diterbitkan Keputusan Walikota (Kepwal) tentang status Jalan Nasional, Provinsi, Kota dan Lingkungan.

Menurut Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangsel Retno Prawati, status Jalan Nasional, Provinsi, Kota dan Lingkungan yang ada di Kota Tangsel perlu diatur pengelolaannya melalui Kepwal.

“Kepwal itu untuk memudahkan wewenang dan tanggung jawab perbaikan dan pembangunan infrastruktur jalan tersebut,” kata Retno Prawati.

Dijelaskannya, dasar hukum perlu diterbitkannya Kepwal tentang status jalan tersebut, berdasarkan Undang-undang (UU) No.38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Peraturan Pemerintah (PP) No.38 Tahun 2007 tentang Pembagian urusan pemerintah antar pemerintah, pemerintah daerah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Kota.

“Undang-undang dan peraturan pemerintah tentang jalan itu menjadi payung hukum bagi kami untuk membuat Kepwal tentang jalan. Dan kami harapkan Kepwal itu bisa diterbitkan akhir 2012 ini,” tegas Retno lagi.

Ditambahkannya, wilayah Kota Tangsel adalah Kota strategis perlintasan transportasi baik menuju Kabupaten dan Kota maupun Provinsi. Misalnya, jalan Muncul merupakan perlintasan ked an dari Kabupaten Tangerang dan Kota Bogor. Dan, Jalan Serpong adalah perlintasan ked an dari Kota Tangerang.

“Setiap harinya jalanan Kota Tangsel dilewati kendaraan dalam kota maupun antar Kota dan Provinsi. Sedangkan, wewenang dan tanggung jawabnya tidak diketahui oleh masyarakat,” ungkapnya.

Karena itu, dengan adanya Kepwal tentang jalan akan memudahkan Pemerintah Kota Tangsel mengatur dan merencanakan pembangunan infrastruktur jalan-jalan di Kota Tangsel. “Saat ini, usulan status jalan baru berjalan sektiar 70 persen. Untuk selanjutnya akan dievaluasi kembali sebelum dirapatkan dengan Walikota dan SKPD lainnya,”ungkapnya.

  Categories:
view more articles

About Article Author

write a comment

0 Comments

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Add a Comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.
All fields are required.