KEPALA DBM-SDA KUNJUNGI PROYEK PELEBARAN PEREMPATAN MARUGA

May 09 02:57 2016
Wednesday, 28 November 2012 13:06
TANGSEL – Maruga – Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM-SDA) Kota Tangerang Selatan Hj.Retno Prawati,ST,.MM melakukan peninjauan langsung ke lokasi pelebaran Perempatan Maruga di Kelurahan Serua, Kecamatan Ciputat. Selasa (6/11)

Peninjauan tersebut dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengerjaan perataan geometri yang dilakukan di pertigaan yang termasuk titik macet di Kota Tangerang Selatan itu. Ditargetkan, perataan geometri di pertigaan tersebut rampung di akhir tahun 2012 ini.

Menurut Kepala Dinas, pelebaran Pertigaan Maruga merupakan bagian dari pelebaran Jalan Ciater Serpong menuju Jalan Bukit Serua Ciputat. Ruas penghubung Serpong-Ciputat-Pamulang sepanjang 4,4 kilometer tersebut bakal dibangun empat lajur dengan lebar 24 meter.

“Kita juga akan melengkapi kiri kanan jalannya dengan jalur sepeda dan untuk pedestrian. Di bawahnya kita sediakan spot untuk utilitas dan drainase,” katanya menjelaskan.

Kemudian, Pelebaran Jalan Ciater hingga Jalan Bukit Serua ini nantinya bakal menjadi pilot project seluruh jalan kota di Kota pemekaran dari Kabupaten Tangerang ini. “Kami akan terapkan sistem atau desain jalan di Jalan Ciater ini untuk jalan kota lainnya,” tandasnya.

Lebih lanjut Retno menerangkan bahwa untuk tahun ini, kata dia, pihaknya memang masih fokus melakukan pelebaran di Pertigaan Maruga saja. Sedangkan untuk pelebaran secara total, rencananya bakal dilakukan pada 2013 nanti.

“Tahun ini hanya penambahan geometri saja. Karena, Pertigaan Maruga kondisinya tidak rata. Ini yang menjadi masalah dan kami berusaha menyelesaikannya,” tandasnya.

Untuk diketahui, Penambahan geometri tersebut, kata dia, dilakukan agar pengendara tidak langsung menemui tanjakan atau turunan. Seperti diketahui, titik Pertigaan Maruga menanjak dan menurun. Kondisi geometri yang tak sama itu, menjadi titik potensi macet.

“Kita targetkan pada 2012 ini paling tidak terbangun bundaran di Pertigaan Maruga ini. Apalagi di Pertigaan Maruga ini pembebasannya sudah terealisasi dan sudah mulai diratakan,” kata dia.

  Categories:
view more articles

About Article Author

write a comment

0 Comments

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Add a Comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.
All fields are required.