Peringati Hari Air Se-dunia, Tangsel Canangkan Zero Delta Q Run Off

May 02 15:58 2017

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany bersama Kepala DPU Tangsel Retno Prawati terlihat sedang menebar benih ikan seusai mengikuti acara Peringatan Air Sedunia di Taman Kota 2, BSD, Selasa (2/5).

SETU-  Dalam rangka memperingati Hari Air Se-dunia tahun 2017 tingkat kota Tangerang Selatan, Pemerintah Kota Tangsel melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) mengadakan peringatan berupa penyebaran bibit ikan serta mencanangkan Zero Delta Q Run Off yang langsung dicanangkan oleh Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, bertempat di Taman Kota 2, Setu, Selasa (2/5).

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menjelaskan, hari air dunia merupakan perayaan tahunan yang dilakukan untuk kembali menarik perhatian publik akan pentingnya air dan pentingnya pemanfaatan kembali air limbah/buangan.

Lanjutnya, Kota Tangsel dari perspektif nasional merupakan daerah hindterland (penyangga) ibu kota negara. Pertumbuhan penduduknya terus meningkat setiap tahunnya, dan kedepan kota ini diyakini akan menjadi sebuah kota megapolitan. Pesatnya pertumbuhan ekonomi dan kepadatan penduduk tersebut mengakibatkan tekanan terhadap ruang dan lingkungan akan kebutuhan perumahan, pemukiman dan perdagangan/jasa beserta fasilitas pendukungnya.

“Air limbah merupakan sumber daya penting dalam mencapai target pembangunan berkelanjutan. target ini bertujuan untuk menggunakan kembali air limbah yang bersumber dari rumah tangga, industri dan perkantoran dengan mendaur ulangnya sehingga aman digunakan. Pengelolaan air limbah dianggap tidak hanya penting bagi kelanjutan hidup anak-anak di masa mendatang, akan tetapi juga berkaitan dengan kesehatan, dan pembangunan. untuk itu diperlukan pengendalian pengelolaan air dan air limbah melalui kebijakan Zero Delta Q Run Off,ungkapnya.

Dimana mewajibkan untuk setiap bangunan tidak boleh mengakibatkan bertambahnya debit air ke sistem aliran sungai yang dilakukan dengan mengelola dan memanfaatkan kembali sistem penampungan air hujan dan air limbah untuk kepentingan internal secara mandiri, menyediakan kolam dan sumur resapan atau tandon-tandon air.

“Kami mengajak sekaligus menghimbau kepada seluruh stakeholders untuk bersama-sama mendukung upaya pengelolaan air dan air limbah agar menjadi sumber daya dan investasi generasi dimasa mendatang. Memperhatikan hal tersebut, disadari bahwa upaya tidak dapat dilakukan atau hanya ditumpukan kepada pemerintah kota tangerang selatan saja, akan tetapi perlu adanya peran serta semua pihak, dan pada kesempatan ini kami ingin mengemukakan beberapa pandangan yang kiranya dapat menjadi pertimbangan dalam pengelolaan sumber daya air kedepan,”jelasnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel, Retno Prawati menjelaskan, peringatan Hari Air Se-dunia ini dilakukan setiap tahunnya, dan mengundang sebanyak 100 orang. “Kita tidak hanya menyebar benih bibit ikan saja, namun juga memberikan penghargaan terhadap pemenang lomba karya tulis tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dalam lomba karya tulis mengenai hari air, pemenang ini mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan piala,”ungkapnya. (Humas DPU)

view more articles

About Article Author