DPU Tangsel Benahi Drainase di Jalan Serua

DPU Tangsel Benahi Drainase di Jalan Serua
September 20 10:49 2018

Setu – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) melakukan pembenahan sistem drainase di Jalan Bukit Serua, Ciputat. Ini dilakukan untuk menanggulangi banjir di ruas Jalan Bukit Serua, tepatnya di Perumahan Grand Serpong dan depan Apartemen Loft Villes.

Kepala Bidang Drainase dan Pedestrian pada DPU Kota Tangsel, Rosi Yuliandi mengatakan ruas Jalan Serua sejatinya sudah memiliki drainase. Hanya saja, kontur tanah yang cekung di depan Apartemen Loft Villes menjadikan titik tersebut kerap tergenang.

“Akibatnya tentu saja kerusakan jalan. Karena air akan parkir lama di cekungan itu. Ini harus dicarikan solusi. Satu-satunya jalan dengan pembuatan sistem drainase baru untuk mengalirkan genangan,” katanya menjelaskan kepada …….. di Setu, Selasa (18/9/2018).

Solusi yang diambil, yakni dengan membuat Box Culvert yang ditanam di bawah tanah dengan kedalaman antara 1,5 sampai 2 meter. Kedalaman box culvert untuk saluran air ini berbeda-beda, karena menurutnya kontur tanah di daerah itu tidak rata.

“Jadi, kita tanam boks di bawah tanah sepanjang 150 meter. Box Culvert saluran air ini dialirkan ke Kali Serua. Dengan demikian, kendala terpecahkan,” Rosi Yuliandi menambahkan.

Selesai dengan genangan di Loft Villes, air yang berada di permukaan jalan pun harus dialirkan. Maka itu, pihaknya membuat tali air atau saluran terbuka di atas box culvert saluran air utama yang sudah dibuat.

“Air dari jalan, masuk ke tali air lalu masuk lagi ke main hole yang dibuat di tiga titik masing-masing kiri dan kanan box culvert. Air dari badan jalan ini masuk ke dalam Mainhole box culvert saluran air untuk dialirkan ke Kali Serua,” paparnya.

Ia berharap kepada masyarakat untuk bersabar selama pengerjaan drainase kota di ruas jalan penghubung Serpong dengan Ciputat tersebut. Pasalnya, petugas lapangan melakukan penggalian lumayan dalam untuk menanam box culvert saluran air tersebut.

“Kami berharap masyarakat bersabar, lalu lintas pasti agak tersendat. Tapi ini sebagai solusi untuk mengantisipasi genangan air di Jalan Serua,” tandasnya. (*)

  Categories:
view more articles

About Article Author

write a comment

0 Comments

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Add a Comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.
All fields are required.