DBMSDA Susun Perda Drainase Perkotaan

DBMSDA Susun Perda Drainase Perkotaan
September 07 07:02 2016

Tangsel –  Untuk mengatur tata kelola sistem drainase,  pemerintah Kota Tangerang Selatan  melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air  menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penataan Drainase Perkotaan. Saat ini, draf Raperda itu sedang dibahas Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangsel.

Kepala DBMSDA Kota Tangsel, Hj Retno Prawati ST,MM mengatakan Perda Drainase Perkotaan ini ditujukan untuk penataan sistem drainase di kota tangerang selatan dengan moto Cerdas, Modern dan Religius ini. Dengan adanya regulasi itu, ia menilai penataan drainase akan lebih terstruktur.

Raperda Drainase“Tentu saja nantinya akan berpengaruh terhadap penataan kawasan banjir. Karena selama ini banjir yang terjadi lebih kepada kurang berfungsinya sistem drainase,” katanya menjelaskan.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangsel, Ade Suprizal menambahkan dengan adanya Raperda Drainase ini, maka penanganan drainase akan dilakukan secara komprehensif. Hal ini untuk mengatasi banjir ke pemukiman.

“Raperda Drainase Perkotaan untuk Kepentingan berbagai pihak. Tujuannya untuk mengatur aliran air supaya tidak banjir,” katanya.
Lanjutannya Konsep aliran air yang dulu dikenal irigasi untuk di Tangsel tidak relavan lagi. Karena di kota hasil pemekaran dari Kabupaten Tangerang ini sudah banyak perumahan dan gedung-gedung yang dulunya adalah sawah dan rawa-rawa sebagai daya serap air.

“Alirannya masih ada tapi sebagai irigasi. Konsep irigasi itu untuk mengaliri sawah-sawah, sementara sekarang sudah jadi perumahan dan bangunan makanya jadi banjir,” terangnya.

Nantinya, pada Perda itu akan diatur pula point sanksi. Bagi mereka yang melanggar regulasi itu, bakal dijerat kurungan penjara selama enam bulan dan denda Rp 50 juta. Klausul sanksi nya saat ini sedang menunggu hasil pembahasan  Pansus Raperda Drainase Perkotaan di DPRD Kota Tangsel. (datin)

  Categories:
view more articles

About Article Author

write a comment

0 Comments

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Add a Comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.
All fields are required.