DBMSDA TANGSEL GELAR BINTEK JALAN DAN JEMBATAN

May 09 02:42 2016
Saturday, 30 June 2012 00:00
 

Pamulang, Tangerang Selatan – Dalam upaya peningkatan kualitas SDM, sebanyak kurang lebih 50 pegawai dari Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangerang Selatan mengikuti Bimbingan Teknis (Bintek) jalan dan jembatan tahun 2012 selama tiga hari di Hotel Braja Mustika, Bogor, sejak Rabu kemarin (27/6).

Menurut Kepala Dinas Bina Marga Kota Tangerang Selatan, Hj. Retno Prawati, ST,MM menyebutkan, dasar pelaksanaan Bintek didasarkan Perda Kota Tangerang Selatan Nomor 13 tahun 2011 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Tangerang Selatan TA. 2012, Peraturan Walikota Tangerang Selatan nomor 94 tahun 2011 tentang penjabaran Anggaran Pendapatan dan

Belanja Daerah Kota Tangerang Selatan TA.2012, Peraturan Walikota Tangerang Selatan Nomor 85 Tahun 2011 tentang Standar Belanja TA.2012, Surat Keputusan Pejabat Pengelola Keuangan Daerah Nomor 910/249/SKiPPKD/XII/2011 Tanggal 30 Desember 2011 Tentang Pengesahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangerang Selatan TA. 2012.

 

Sedangkan Tujuan dari penyelenggaraan Bintek antara lain Peningkatan kualitas SDM tentang teknik pemeliharaan jalan dan jembatan yang kegiatannya ada di Dinas Bina Marga Kota Tangerang Selatan, adanya komitmen pemerintah Kota Tangerang Selatan untuk peningkatan kualitas petugas dilapangan, mampu mengembangkan sistem dan metode penyusunan laporan dan pengawasan, Dapat menyusun instrument laporan dan evaluasi pekerjaan dilapangan, Meningkatkan kualitas dan ketrampilan bagi petugas pengawas lapangan.

Dalam Sambutannya, Retno mengatakan Bimbingan Teknis ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas SDM agar memiliki kompetensi, wewenang, dan tanggung jawab dalam rangka meningkatkan kinerja SKPD dalam bidang kebinamargaan. Karena perlu diketahui bahwa konstruksi jalan dan jembatan akan mengalami penurunan kondisi sesuai dengan bertambahnya umur, sehingga suatu saat jalan dan jembatan tersebut akan mencapai suatu kondisi yang buruk di mana dapat mengganggu kenyamanan dan keselamatan para pengguna jalan dan jembatan. Untuk mempertahankan kondisi jalan dan jembatan tersebut pada tingkat yang layak, maka perlu dilakukan pemeliharaan rutin dan berkelanjutan. Berbagai metoda dan teknik pemeliharaan jalan telah tersedia. Melalui pelatihan inilah para peserta dilatih untuk dapat melakukan pembangunan ataupun pemeliharaan jalan dan jembatan melalui berbagai studi kasus dengan metoda dan teknik yang telah diaplikasikan di berbagai kegiatan di lapangan.

“ Penegasan ini perlu saya kemukakan mengingat kita telah bertekad untuk mewujudkan aparatur yang bersih dan bertanggung jawab” tegasnya.

Lebih lanjut retno mengatakan, peningkatan SDM dipengaruhi dua faktor, yakni internal dan eksternal. Faktor internal ada beberapa kekuatan (strength) yaitu pembinaan petugas pengawas lapangan dan jumlah pegawai yang memadai. Sedangkan faktor eksternal adanya opportunities (peluang) yakni adanya tuntutan masyarakat yang transparan, dan adanya komitmen Pemerintah Kota Tangerang Selatan untuk peningkatan kualitas petugas pengawas lapangan.

SDM pengawas harus memiliki pengetahuan dan wawasan teknis, agar hasil kegiatan di lapangan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Kami tidak ingin ada petugas lapangan yang melakukan permainan. Semua perintah harus dilaksanakan dan hasilnya harus segera dilaporkan kepada atasan. Apabila ada kegiatan yang tidak sesuai rencana, segera dapat terdeteksi dan secepatnya ditindaklanjuti. Karena kami ingin kegiatan pembangunan fisik khususnya, sesuai harapan ”, Ujarnya.

Dalam bimbingan teknis jalan dan jembatan ini, turut diundang selaku narasumber yakni Ebby Hermawan (Akademisi), Dedi Koswara dan Haryono (Dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Barat). Hadir pula dalam acara tersebut, Jajaran eselon III dan IV DBMSDA Kota Tangerang Selatan.

Diharapkan melalui pelatihan ini kemampuan dan pelaksanaan pembangunan ataupun pemeliharaan jalan dan jembatan akan terus meningkat, khususnya dalam hal memahami teknik-teknik survey, penilaian kondisi jalan dan jembatan serta memahami aspek-aspek yang diperhatikan dalam operasi pemeliharaan. (Humas DBM-SDA Tangsel)

  Categories:
view more articles

About Article Author

write a comment

0 Comments

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Add a Comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.
All fields are required.