DBMSDA Tangani Turap Jebol di Pondok Maharta

DBMSDA Tangani Turap Jebol di Pondok Maharta
September 02 07:51 2016

airin sidak tanggulPondok Aren – Turap jebol di Kali Serua, Kelurahan Pondok Kacang Timur, Kecamatan Pondok Aren mulai diperbaiki agar banjir tak terjadi kembali Namun perbaikan turap masih sebatas pada bagian yang jebol di sisi Perumahan Pondok Maharta saja.

Terlihat Sejumlah petugas dari Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) KOTA Tangsel. Sebagian petugas mencoba membendung turap jebol itu dengan karung berisi pasir.

Tumpukan karung berwarna hitam tersebut dimasukan ke dalam sebuah beronjong terbuat dari besi. Perbaikan ini hanya pada tanggul di sisi Jalan Dr. Setia Budi, samping Perumahan Pondok Maharta saja. Sedangkan tanggul yang jebol di dekat lahan kosong, perbaikannya segera menyusul.

Kabid Sumber Daya Air (SDA) DBMSDA Tangsel, Ade Suprizal menjelaskan penanganan tanggul untuk sementara  dibendung dengan karung isi pasir. Jika sudah dibangun turap tidak difungsikan lagi. “Itu sementara, kalau perbaikan sudah selesai di bongkar lagi,” katanya.

Sebuah Excavator juga telah diterjunkan di lokasi. Nantinya lumpur di dasar kali akan dikeruk. Hal ini untuk memudahkan penanganan pembangunan turap selanjutnya.

Kepala DBMSDA Retno Prawati membenarkan terkait penanganan turap yang jebol di Pondok Maharta. Menurutnya, penanganan yang dilakukan SKPD yang dipimpinnya itu merupakan bentuk penanganan darurat yang sifatnya sementara. “DBMSDA sudah action di lapangan. Penanganannya dalam bentuk penambalan dengan menggunakan Bronjong dan karung berisi pasir,” kata Retno menambahkan.

IMG_3863Terkait penanganan selanjutnya, Retno mengaku bakal melakukan penambalan permanen. Hanya saja, di perlukan koordinasi terlebih dahulu dengan pihak BBWSCC dan penangananya pun dilakukakn setelah cuaca benar-benar mendukung.

Plt Camat Pondok Aren, Makum Sagita menerangkan perbaikan turap dilakukan sejak air dari anak kali Angke itu sudah mulai surut. “Ketika mendapat laporan dari warga, kami langsung ke lokasi dan melaporkan kejadian ini ke Kepala DBMSDA untuk segera diperbaiki, saat ini sedang dikerjakan,” kata Makum singkat.

Pemkot Tangsel telah melayangkan surat resmi kepada pimpinan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC). Langkah itu ditempuh menyusul meluapnya anak Kali Angke hingga membuat ratusan rumah dari tiga perumahan yakni Pondok Maharta, Pondok Kacang Prima, dan Regincy Bintaro serta Kampung Bulak terendam pada Sabtu (27/8) malam lalu.

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany menerangkan pihak DBMSDA Kota Tangsel mesti koordinasi dulu dengan pihak BBWSCC. Pada surat resmi dijelaskan. Luapan air Kali Angke berawal dari nilai debit di Kali Serua. “Upaya Penanganan perlu dilakukan secepatnya pakai bronjong dan karung pasir di lokasi turap jebol. Juga pada sisi turap lainnya yang berpotensi jebol,” jelas Airin. Menurutnya, prosedur birokrasi itu ditempuh lantaran ketentuan kewarganegaraan pengelolaan dan perawatan ada di lembaga yang bernaungan dibawah Direktorat Jendral Sumber Daya Air Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.”Karena kaitannya Kali Angke, tapi kita siap tangani,” jelasnya. (datin_dbmsda).

  Categories:
view more articles

About Article Author

write a comment

0 Comments

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Add a Comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.
All fields are required.