BIMBINGAN TEKNIS SURVEI DAN PEMETAAN (PENGOPERASIAN TOTAL STATION)

May 09 02:53 2016
Tuesday, 02 October 2012 10:20
Pamulang, Tangerang Selatan – Dalam upaya meningkatkan kualitas serta kinerja Sumber Daya Manusia pada Satuan Kerja yang berhubungan dengan pekerjaan survei, pengukuran dan pemetaan, perencanaan, penataan wilayah, rancang bangun dan perizinan serta pengadaan lahan. Untuk itu, Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) menggelar Bimbingan Teknis Survei dan Pemetaan (Pengoperasian Total Statioin), yang diikuti sekitar 54 peserta dari BP2T, BAPPEDA, Bagian Bina Pertanahan Setda, DKPP, BPBD, serta Dinas Tata Kota Bangunan dan Pemukiman selama tiga hari bertempat di Hotel Taman Aer Bogor. kemarin (19/09).

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangerang Selatan, Hj. Retno Prawati, ST,MM dalam sambutannya mengatakan ,diharapkan melalui kegiatan ini dapat menumbuh kembangkan pengetahuan dan kemampuan kita sehingga dapat digunakan atau direalisasikan di dalam pekerjaan yang berhubungan dengan kegiatan ini. Adapun output/keluaran yang diharapkan dari Bimbingan Teknis Survei dan Pemetaan ini yaitu terbangunnya pemahaman mengenai prinsip dan metode pengukuran yang tepat dan sesuai dengan kondisi lapangan, tersedianya sumber daya manusia yang mampu menggunakan alat ukur total station dan mengolah data lapangan secara tepat dan akurat, meningkatnya kualitas sumber daya manusia yang mampu melakukan perencanaan, survey dan analisa pekerjaan secara cepat, akurat dan efisien, serta tersedianya data lapangan berupa posisi, panjang, lebar dan dimensi untuk jaringan jalan, jembatan, kali/saluran dan drainase Perkotaan secara lebih lengkap dengan tingkat presisi yang lebih baik.

Sedangkan Tujuan dari penyelenggaraan Bimbingan Teknis Survei dan Pemetaan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman bagi pelaksana teknis mengenai survei, pengukuran dan pemetaan serta mampu mengoperasikan dan mengolah data lapangan dengan menggunakan alat ukur total station untuk memperoleh hasil yang lebih cepat, akurat dan efisien.

Lebih lanjut Retno mengatakan, Materi yang diberikaan kepada peserta dalam mengikuti Bimbingan Teknis Survei dan Pemetaan untuk pengoperasion Total Station ini adalah untuk memberikan pemahaman bagi para pelaksana teknis mengenai survei, pengukuran dan pemetaan agar mampu mengoperasikan serta mengolah data lapangan agar hasil yang didapat lebih cepat, akurat dan efisien.

Dalam Bimbingan Teknis Survei dan Pemetaan ini, turut diundang selaku narasumber yakni Badan Pertanahan Nasional RI (BPN RI), dan PT Kesuma ( Perusahaan penyedia alat ).

”Diharapkan, dengan diadakannya Bimbingan Teknis Survei dan Pemetaan ini, sejalan dengan cita-cita untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik (Good Government Governance).,” ungkap Retno (Humas DBM-SDA Tangsel)

 

 

  Categories:
view more articles

About Article Author

write a comment

0 Comments

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Add a Comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.
All fields are required.